1.Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang
terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama,
serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian
dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis,
berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
2.bagian-bagian komputer
Perangkat keras
Pemroses atau CPU sebagai
unit pengolah data
Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara
Hard
drive, media penyimpanan data
semi permanen
Perangkat masukan,
media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU,
seperti mouse, keyboard, dan tablet
Perangkat keluaran,
media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU,
seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer.
Perangkatlunak
sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac
OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program
di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi
software.
Program komputer
Merupakan
aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.
3. Unit
Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan.Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua
yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a.keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
b.mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
c.Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.lightpen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.joy stick dan games paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f.barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g.Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
h.kamera digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima
input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas
gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang
menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh
pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan
dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi
untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer
atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara
ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating.
Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang
berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk
mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided
Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat
dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan
untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
4.Pengertian Ram
dan Fungsi Ram
Pada artikel ini akan membahas mengenai salah satu perangkat keras komputer yang sangat penting yaitu RAM (pengertian RAM). RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh, saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesorakan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM.
Kamu juga bisa melihat berapa banyak memori yang dibutuhkan ketika menjalankan suatu aplikasi atau program. Caranya klik kanan pada panel bar desktop layar komputer kamu
5.Pengertian Sistem Operasi
Operating system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasiadalah sekumpulan
perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer
.Sekarang ini banyak sekali macam-macam sistem operasi di pasaran baik yang asli ataupun yang
bajakan.Ada beberapa sistem operasi yang biasa kita jumpai di pasaran
diantranya Windows,Unix,Linux Dan masih banyak lagi yang lainya.Dari sekian
banyak sistem operasi Yang beredar,sistem operasi milik perusahaan microsoft
lah yang paling populer untuk para pengguna pc notebook,bahkan ponsel dan PDA
sekalipun Dengan sistem operasi berbasis mobilenya .
Dari beberapa sistem operasi tersebut,Sistem operasi yang dapat digunakan secara bebas alias open sourc Asalah linux. sistem operasi ini biasa digunakan untuk tujuan pendidikan ,lain halnya dengan para vendor ponsel dan PDA ,Para vrndor ini lebih menyasarkan produknya untuk menggunakan sistem operasi mobile milik perusahaan microsoft yaitu windows. Sama seperti di pc atau notebook sistem operasi di PDA atau ponsel memiliki Beberapa versi dan tatap muka yang hampir sama ,mulai dari windows mobile versi 5.0 sampai dengan windows vista versi mobile .Vendor PDA atau ponsel yang biasa memakai sistem operasi tersebut diantaranya 02,Samsung.Doppod Dan sony ericson untuk beberapa type.
Dari beberapa sistem operasi tersebut,Sistem operasi yang dapat digunakan secara bebas alias open sourc Asalah linux. sistem operasi ini biasa digunakan untuk tujuan pendidikan ,lain halnya dengan para vendor ponsel dan PDA ,Para vrndor ini lebih menyasarkan produknya untuk menggunakan sistem operasi mobile milik perusahaan microsoft yaitu windows. Sama seperti di pc atau notebook sistem operasi di PDA atau ponsel memiliki Beberapa versi dan tatap muka yang hampir sama ,mulai dari windows mobile versi 5.0 sampai dengan windows vista versi mobile .Vendor PDA atau ponsel yang biasa memakai sistem operasi tersebut diantaranya 02,Samsung.Doppod Dan sony ericson untuk beberapa type.
6.Macam-macam
sistem operasi
1.DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows.
Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau
mencobanya bisa lewat Start Windows - Run, lalu ketik cmd
2.UNIX
Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer.
Merupakan induk dari sistem operasi linux.
3.Linux
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem
operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas.
Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya.
Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di
antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack,
dan lain-lain.
7. Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer
personal berbasis Power PC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan
berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh
diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl
yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem
antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah
sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Apple membuat sistem operasi Macintosh beserta hardwarenya sebagai sebuah sistem yang ditujukan untuk segmen tertentu, yakni industri kreatif, misalnya untuk grafis profesional, editing audio dan video. Selain itu ada pula aplikasi Macintosh yang dikhususkan untuk aplikasi office seperti MacWrite dan Microsoft Office. Untuk pilihan browser ada banyak seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Safari.
Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.
8.pengunaan
computer pada saat ini ditinjau dari du segi yaitu dari segi positif dan
negatif
a.positif
pengunaan computer pada saat ini sangat
banyak dari kalangan mahasiswa yang yang bertjuan untuk menyelesaikan
permasalahanya terhadap tugas-tugas yang di berikan dosennya,yaitu untuk
mengetik suatu mengerjakan makalah-mkalah yang di beri dosennya dan tugas
akhir,seperti skripsi.
b.negatif
pengunaan computer pada saat ini bukan lah
memerlukan suatu kerjanya,tetapi banyak pengguaan computer itu untuk
melihat-melihat situs-situs bebas di youtube sperti porno,dan pengunaan
computer pun hanya untuk kepentingan dunia maya saja..
pengunaaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan
sangatlah diperlukan,karena dengan adanya teknologi manusia lebih mudah untuk
mengerjakan tugas_tugasnya,dan informasi pun sangat mantap untuk menghubungkan
antara satu dengan yang lain,misalnya saya tidak kuliah,saya Cuma memberikan
informasi pada kawan saya….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar